Polling

Bagaimanakah Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Integrated Participatory Development and Management Irrigation Project (IPDMIP)

23 Januari 2018 15:33:46 WIB dibaca 1665 kali

Kegiatan Integrated Participatory Development and Management Irrigation Project (IPDMIP) sore ini dibahas di Bappeda Kab Kebumen bersama DPUPR dan Dinas Pertanian, merupakan suatu program integrasi partisipasi pertanian yang turut melibatkan Bappenas, KEMENPUPERA, Kementerian Pertanian, Kemendagri, dan Kemenke yang bekerjasama dengan masyarakat petani dan semua pihak yang terkait baik di dalam dan sekitar daerah irigasi. Sejak tahun 2014 Ditjen SDA KEMENPUPERA dengan bantuan dana hibah dari ADB telah menyusun program IPDIP, dengan fokus pada peningkatan produktivitas pertanian beririgasi. Program ini diharapkan akan mulai efektif dilaksanakan pada tahun 2018 s.d. 2021 dengan dana ADB dan Internationla Fund of Development (IFAD).

Kabupaten Kebumen menjadi salah satu lokasi yang terpilih sebagai bagian dari 16 provinsi dan 74 kabupaten berdasarkan hasil audit teknis yang dilakukan pada tahun 2014, dimana sasaran meliputi Daerah Irigasi (DI) Pringtutul (Rowokele) dan Jatinegara (Sempor). Mekanisme pemberian hibah IPDMIP menggunakan dengan mekanisme reimburst/penggantian. Adapun program IPDMIP meliputi kegiatan koordinasi di Bappeda, penyiapan kelembagaan di Dinas Pertanian dan Pangan, serta rehabilitasi fisik di Dinas PUPR.

Kementerian Keuangan telah menerbitkan Surat Penetapan Pemberian Hibah Daerah untuk Program Hibah IPDMIP untuk provinsi/kab/kota terpilih, termasuk Kebumen. Kabupaten Kebumen menurut rencana akan mendapat dana hibah setara 13.93 M. Semoga rencana aksi dapat dilaksanakan mulai tahun 2019 s.d. 2021