Polling

Bagaimanakah Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

EKOWISATA PASAR PERENG KALI KEMIT

Berita Terbaru 26 September 2018 12:52:01 WIB Administrator dibaca 67 kali

Pasar Pereng Kali ini begitu menarik jika disandingkan tren destinasi digital, pasar Pereng Kali sungguh ‘instagramable’ kata mas iqbalkautsar.com. Jika destinasi lain eksplore alam, destinasi ini cukup sederhana mengundang para pencinta wisata untuk mencoba yang baru. Objek foto di bawah pohon bambu yang rindang. Bersejarah, sederhana, unik, kuliner jaman jadul itulah kali kemit.

Dalam iringan klonengan gamelan, menikmati kemeriahan pasar dengan makanan lokal. Gondomono, gesrek, dan putu yang sering disebut-sebut warga lokal sebagai panganan khas Desa Grenggeng, Karanganyar, Kebumen. Panganan goreng dari singkong yang dibulat-bulat dan dicocol dengan sambal kacang icon desa Grenggeng. Kalau gesrek, semacam sawut yang berasal dari parutan singkong dimana rasanya tak terlalu manis cocok jika disantap anget-anget. Adapun putu adalah nasi singkong yang dikukus. Putu ini jika dipadu dengan oseng gesek teri sungguh rasa yang hakiki. Sungguh, boga-boga berbahan singkong ini perlu digalakkan sebagai pilihan nutrisi berkonten lokal.

Ada keunikan lain ternyata pembeli kudapan-kudapan ini tidak dengan uang, melainkan dengan mata uang kepeng yang berasal dari potongan complong. Complong adalah lembar anyaman pandan yang menjadi bahan setengah jadi dalam alur proses produksi kerajinan pandan. Betul-betul, kepeng complong ini mengusung kekhasan Grenggeng sebagai desa yang tumbuh dari kerajinan pandan. Grenggeng merupakan sentra kerajinan pandan terkemuka di Indonesia, yang kisahnya telah berlangsung berpuluh-puluh tahun.

Hajatan Pasar Pereng Kali ini yang baru-baru ini diadakan, rencananya akan dihelat setiap selapanan alias 35 hari sekali dalam penanggalan Jawa. Penyelenggaraan pertama tampaknya sukses dalam skala lokal penuh dihadiri masyarakat setempat. Pasar Pereng Kali Kemit bagian ekowisata Kebumen yang sedang digalakkan oleh masyarakat Desa Grenggeng, Karanganyar, Kebumen. 

sumber:http://www.iqbalkautsar.com/2018/07/gebyar-ekowisata-pasar-pereng-kali-kemit.html