Polling

Bagaimanakah Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

LAUNCHING GERAKAN SATU PERANGKAT DAERAH SATU DESA DAMPINGAN

Administrator 31 Maret 2020 10:43:10 WIB dibaca 47 kali

Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKP2KD) Kabupaten sekaligus Launching Gerakan Satu Perangkat Daerah Satu Desa Dampingan Menuju Desa Yang Lebih Sejahtera (GARDA DEPAN SEJAHTERA), dilaksanakan di Ruang Jatijajar Pendopo Rumah Dinas Bupati baru-baru ini. 

Kegiatan ini penting dan strategis. Karena kemiskinan masih menjadi masalah besar sampai saat ini. Rakor ini diharapkan menghasilkan rumusan langkah strategis dan aplikatif untuk mempercepat pengurangan tingkat kemiskinan penduduk di Kabupaten Kebumen.   

Jumlah penduduk miskin di Kabupaten Kebumen pada semester II tahun 2019 berdasarkan Data Rekap Data Terpadu Kesejateraan Sosial (DTKS)  sebesar 648.217 jiwa.  Semantara itu, kinerja penurunan kemiskinan periode 2015-2019 menunjukan trend yang meningkat meskipun fluktuatif. Secara prosentase, kinerja, penurunan tertinggi terjadi pada periode 2017-2018 adalah sebesar 2,13% point. Dengan rata-rata kinerja penurunan sebesar 0,91% per tahun. Sedangkan secara jumlah, kinerja penurunan tertinggi juga terjadi pada periode 2017-2018. Yakni sebesar 24.790, dengan rata-rata kinerja penurunan sebesar 10.140 jiwa/tahun.

Launching gerakan ini merupakan salah satu langkah yang ditempuh dalam rangka Percepatan Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Kebumen. Untuk mewujudkan tercapainya target program pemerintah daerah. Dilakukan secara sistematis, terencana dan bersinergi dengan dunia usaha dan masyarakat. 

Harapan dalam implementasi Gerakan Satu Perangkat Daerah Satu Desa ini antara lain:

1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menyumbang dalam percepatan penurunan kemiskinan

2. Mendorong perangkat daerah untuk berinovasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak baik sesama instansi Pemerintah,BUMD, Perguruan Tinggi,dunia usaha, Swasta atau dengan berbagai lapisan masyarakat untuk fokus dalam pengentasan kemiskinan di Kabupaten Kebumen

3. Program-program yang dilaksanakan perangkat daerah dapat memberi impact (Dampak) nyata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin di Kabupaten Kebumen

Wakil Bupati Kebumen bersama Sekda dan Kepala Bappeda, dalam sambutannya berpesan bahwa "saya minta gerakan ini nanti dilaksanakan dengan serius, benar dan tepat sasaran serta berkelanjutan. Ini penting, untuk memastikan gerakan ini berjalan dengan efektif dan signifikan hasilnya.  Selain itu, kita harus menjalin sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, agar kemiskinan di Kabupaten Kebumen dapat terus kita kurangi secara signifikan. Di sisi lain, tak kalah pentingnya adalah mengedukasi masyarakat. Mendidik  masyarakat agar tak mengaku-ngaku miskin. Karena pengentasan kemiskinan bukan hanya tentang program dan kegiatan pengentasan kemiskinan itu sendiri, namun bagaimana mengubah mental masyarakat agar tidak miskin."