Polling

Bagaimanakah Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Malam Penganugrahan Krenova 2019.

Berita Terbaru 25 Juli 2019 09:59:54 WIB Administrator dibaca 27 kali

Malam Penganugrahan Krenova (Kreatif dan Inovatif) tahun 2019 berlangsung cukup meriah. Acara yang diadakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati tadi malam, dikemas apik dan dihadiri oleh Asisten 1 dan Dandim 0709, OPD dan insan-insan peneliti. Event tahunan ini sekaligus penghargaan untuk menumbuhkan semangat creator-creator pemula atau startup di dunia penelitian guna bisa menciptakan sebuah produk yang berguna bagi masyarakat umum. Para pemenangnya antara lain.


HARAPAN 3, Browsing (brownis singkong) oleh Pawit Sumiati

Browsing merupakan merupakan sebuah desain inovasi olahan pangan lokal berbahan dasar singkong yang diproses dengan teknologi tepat guna menjadi tepung singkong (mocaf) yang mana mengandung kadar serat 1.9% sampai 3.4%, tidak mengandung gluten atau zat yang dapat menimbulkan masalah pencernaan, dan mengandung skopoletin yang dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Browsing menggunakan bahan dasar tepung singkong 100% sehingga menjadi produk sehat serta bebas gluten. browsing juga diolah tanpa menggunakan bahan pengawet, tanpa menggunakan pemanis buatan, dan tanpa menggunakan pewarna buatan. Aman dikonsumsi oleh anak dengan autis. 


HARAPAN 2, Mr. Gaga ( Garbage garage) oleh Fikra Titan Syifa dan tim, 

Mr. Gaga (Garbage Garage) merupakan alat pemilah sampah yang secara otomatis dapat memilah jenis sampah seperti sampah kering dan sampah basah sehingga proses pemilahan sampah dapat berjalan dengan baik. Pemanfaatan Alat Pemilah Sampah yang bernama Mr. Gaga (Garbage Garage) ini dapat membantu masyarakat dan petugas kebersihan dalam pengelolaan sampah secara otomatis berupa sampah basah dan sampah kering. Selain itu, jika tempat sampah penuh, sensor akan mengirim sinyal peringatan dini yang menginformasikan bahwa sampah telah penuh.


HARAPAN 1, Abon bengkoang oleh Nasywaa Putri dan tim (Siswa siswi SMAN 1 Prembun)

Abon bengkoang merupakan produk olahan yang memanfaatkan buah khas daerah prembun, yaitu bengkuang sebagai bahan utamanya, karena tekstur buah bengkuang  yang dapat dengan mudah diolah, apabila dilakukan dengan proses yang tepat. Buah bengkuang dicampur bersama irisan daging ayam yang disuiri dan rempah rempah pilihan, seperti jahe, kunyit, serai, daun salam, ketumbar, merica, juga santan untuk memberikan rasa gurih pada abon dan menghasilkan aroma yang khas. Tekstur yang dihasilkan biasanya seperti serat serat kering berwarna cokelat keemasan hingga kehitam-hitaman. Metode dalam proses pengolahan abon dilakukan secara tradisional, supaya dapat menghasilkan produk yang sehat dan aman untuk di makan tanpa menggunakan bahan pengawet buatan. Produk Abon Bengkuang ini dapat dijadikan sebagai camilan sehat maupun sebagai taburan hidangan makanan sesuai selera. Produk ini dikemas dengan kemasan kedap udara, sehingga dapat bertahan selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.


JUARA 3, ERFI oleh Khakim Fisabil

ERFI (Electronic Racing Foel Ignition) adalah sebuah rangkaian yang dibuat dari  beberapa     komponen elektronika dan listrik,  sehingga mampu menyimpan arus listrik dan mengeluarkan arus/tegangan jauh lebih cepat daripada aki untuk mensupplay beban (seluruh system yang ada pada mobil). Begitu juga pada saat pengisian,  arus akan lebih mudah / lebih cepat masuk ke dalam ERFI daripada ke aki, karena sifat listrik yang dimiliki oleh komponen dalam ERFI  (Electronic Racing Foel Ignition). Alat ini  memiliki empat fungsi utama, yaitu; 

a. Mempertahankan Umur Aki 

b. Menstabilkan Tegangan Kerja 

c. Menstabilkan Performa Mesin 

d. Meredam Noise Tegangan yang diakibatkan oleh putaran mesin 

Alat ini bisa digunakan untuk motor atau mobil oleh pemula. 


JUARA 2, Sagon kacang hijau, Agus Puspo dan tim. 

Sagon awal mulanya merupakan makanan tradisional berbahan dasar tepung ketan. Tapi di Kebumen ada sagon yang kekinian, yaitu sagon kacang hijau. Berbahan dasar 100% tepung kacang hijau, berpadu dengan gurihnya kelapa dan manisnya gula pasir, menghasilkan cita rasa yang istimewa dengan tekstur renyah serta tidak seret di tenggorokan. Dengan bahan dasar tepung kacang hijau yang mengandung vitamin B, asam folat, protein, serat, zat besi, antioksidan dan fitonutrien penting yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Sagon kacang hijau Zaya diproses melalui tahapan penyangraian kacang hijau, pengupasan kulit ari, pengepungan, dan pengovenan. Proses pengovenan dengan api kecil sehingga sagon matang perlahan dan membuat cita rasa sagon tetap terjaga sampai 1 tahun walaupun tanpa bahan pengawet (dengan penyimpanan yang baik). Sagon kacang hijau Zaya cocok digunakan sebagai teman saat ngopi, ngeteh, dan camilan disaat waktu senggang ataupun dalam perjalanan. Sagon kacang hijau Zaya juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga, saudara, dan teman-teman. 


JUARA 1, Traktor Siluman, oleh Wakhid Hasim dan tim

Traktor Siluman adalah inovasi traktor berteknologi canggih yang dikendalikan dari jauh menggunakan remote kontrol. Traktor ini menggabungkan beberapa komponen, yang merupakan modifikasi dari remote drone hingga penggabungan mekanik micro controler dan beberapa sparepart robotik yang ia rangkai. Tenaga gerak kemudi yang dipasang tepat diatas traktor yang berada di kotak bekas peluru TNI itu dialiri energi listrik dari aki yang secara langsung pengisiannya dari generator disel traktor. Sementara itu proses koneksi kemudi trator berasal dari kabel rem sepeda motor yang dihubungkan langsung ke kontrol mekanik robotik yang telah dirangkai didalam kotak.