Polling

Bagaimanakah Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Paparan dan Pembahasan Laporan Pendahuluan Riset Unggulan Daerah 2020

Administrator 10 Agustus 2020 17:09:42 WIB dibaca 90 kali

Laporan pendahuluan Riset Unggulan Daerah tahun 2020 adalah rangkaian kegiatan setelah pemenang menandatangani kontrak perjanjian, laporan ini masing-masing memaparkan dihadapan tim pakar Prof.Dr. Rifda Naufalin ,S.P,M.Si (ketua lembaga penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat Unsoed), Prof.Dr.Sri Rum Giyarsih,S.Si,M.Si (reviewer penelitian UGM); dan Dr.H.Senen Budi Prasetyo,SE,M.Si (Peneliti Utama Bappeda prov Jateng)

Peneliti tersebut antar lain: Novanda Alim Setya Nugraha, S.S,M.Hum (Pengembangan Sistem Big Data Peternakan Sapi Berbasis Dual Layer Apps dan Machine Learning di Kabupaten Kebumen); Andjar Prasetyo, SE.,M.Si (Analisis Perencanaan Strategis Grand Design Pembangunan Kependudukan di Kabupaten Kebumen);Dr.M.Rizal Taufikurrohman,S.Pt,M.Si (Kajian Struktur Pasar dan Pola Distribusi Melalui Manajemen Rantai Pasok Kebutuhan Pokok Masyarakat); Dr.Rokhmaniyah,M.Pd (Analisis Fakor-Faktor Yang Mempengaruhi Anak Putus Sekolah Menggunakan FSEM (Fuzzy Structural Equation Modeling) dan Strategi Mengatasinya); Rennanti Lunnadiyah Aprilia,SP.,MP (Strategi Pasar Tradisional Berkonsep Pariwisata Berkelanjutan Dan Media Sosial Terhadap Motivasi Kunjungan serta keputusan pembelian konsumen).

Paparan ini diadakan dengan metode video conference  mengikuti protokol yang ditetapkan oleh pemerintah disaat masa pandemi Covid-19, dimoderatori Indri Yulianto,S.E.,M.Ec.Dev.Kepala Bidang Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan berjalan cukup menarik. Salah satunya adalah dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Novanda Alim Setya Nugraha, S.S.,M.Hum, beserta timnya Achmad Zaki Yamani, M.T, Tri Ginanjar Laksana, S.Kom.,M.Kom.,M.CS.,M.Si, Ridho Ananda, M.Si dan Arif Wirawan Muhammad, S.Kom.,M.Kom. Penelitian yang berangkat dari sebuah masalah tentang adanya potensi kerawanan pangan (aspek daging sapi) di Kabupaten Kebumen seperti yang pernah terjadi pada tahun 2015. Terjadi suatu permasalahan yang harus segera tertangani, salah satu aspek yang harus didorong adalah sistem monitoringnya dan pengelolaannya. Ini adalah upaya untuk mendorong Pemerintah Daerah dalam menyusun kebijakan maupun program /kegiatan strategis berbasis riset/penelitian, yaitu kualitas kebijakan publik yang baik, dengan menyusun kebijakan yang berangkat dari bukti dan kajian yang memadai.

Penelitan ini bagaimana menvisualisasikan lokasi real-time sebaran peternak sapi di kabupaten kebumen berdasarkan data GPS dari aplikasi android yang terpasang pada peternak, dan dimungkinkan untuk membentuk sebuah peta visual peternak per desa per kecamatan. Lebih detail lagi data real time ini bisa mengetahui jenis kultur, jumlah indukan, jumlah anakan dan jumlah total sapi di Kebumen.