Polling

Bagaimanakah Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Pembahasan Rancangan Teknokratik RPJMD Kabupaten Kebumen

Administrator 15 Oktober 2020 17:41:07 WIB dibaca 9 kali

Rapat pembahasan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Kepala Bappeda, dan segenap Kepala OPD melalui video conference dan hadir langsung diruang rapat Bappeda Kab.Kebumen.

Rancangan teknokratik ini adalah dokumen yang berisi gambaran umum daerah, pengelolaan keuangan, isu strategis dan agenda kebijakan pembangunan dalam kurun 5 tahun ke depan.

Tahapan pertama dari proses penyusunan dokumen RPJMD adalah penyusunan dokumen Rancangan Teknokratik RPJMD. Rancangan Teknokratik RPJMD disusun sebelum ditetapkannya kepala daerah terpilih. 

Dokumen Rancangan Teknokratik RPJMD disusun dengan mempedomani RPJPD Kabupaten Kebumen, RTRW Kabupaten Kebumen, RTRWN dan RPJMN, serta memperhatikan RPJMD Provinsi Jawa Tengah dan RTRW Provinsi Jawa Tengah. 

Rancangan Teknokratik RPJMD dalam prosesnya akan menjadi dokumen RPJMD yang ditetapkan melalui peraturan daerah. Dokumen RPJMD yang telah ditetapkan tersebut akan menjadi pedoman penyusunan Renstra Perangkat Daerah dan dijabarkan tiap tahun dalam RKPD. Dokumen RKPD akan menjadi pedoman penyusunan rancangan KUA-PPAS untuk menyusun Rancangan APBD setiap tahunnya, serta menjadi acuan penyusunan Renja Perangkat Daerah.

Dalam paparannya Ibu Kepala Bappeda menjelaskan pada aspek daya saing, Selama lima tahun terakhir, NTP Kabupaten Kebumen menunjukkan tren yang fluktuatif namun ada kecenderungan menurun. Pada level regional, angka kabupaten yang semula ada di atas rata-rata provinsi, bergeser menjadi di bawah rata-rata dengan adanya penurunan tersebut. Dilihat dari nilainya, NTP yang hanya berkisar di angka 100 menunjukkan bahwa usaha pertanian yang ada di Kabupaten Kebumen saat ini cenderung tidak menguntungkan bagi petani.

Sedang Isu strategis lanjut paparan beliau yaitu: peningkatan Pembangunan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas;Pembangunan sumber daya manusia bertujuan untuk mencetak sumber daya manusia unggul yang produktif dan berdaya saing;Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi;Pembangunan ekonomi tidak hanya diarahkan pada pertumbuhan ekonomi saja, tetapi juga dari sisi pemerataannya;Peningkatan Kualitas Infrastruktur;Peningkatan kualitas infrastruktur berpengaruh dalam peningkatan nilai konsumsi, produktivitas tenaga kerja , serta peningkatan kemakmuran nyata dan terwujudnya stabilisasi makro ekonomi;Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Optimal dan Terciptanya kelembagaan yang sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi pemerintah daerah.