Polling

Bagaimanakah Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Rapat Koordinasi ke III Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKP2KD)

Administrator 13 Juni 2019 16:25:52 WIB dibaca 82 kali

Badan Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan Daerah selaku Sekretariat TKP2KD bertempat di ruang jatijajar kompleks pendopo rumah dinas Bupati Kebumen pada hari Rabu tanggal 12 Juni 2019 melaksanakan Rapat Koordinasi ke III Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKP2KD) Kabupaten Kebumen. Rapat Koordinasi dipimpin oleh  Wakil Bupati Kebumen selaku Ketua TKP2KD Bapak H. Arif Sugiyanto, SH dan dihadiri oleh seluruh anggota Tim TKP2KD Kabupaten Kebumen antara lain Sekretaris Daerah Kab. Kebumen, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Perangkat Daerah, Kepala BPS, Para Pimpinan perbankan, dan Lembaga non Pemerintah seperti Organisasi Profesi, Kadin, Baznas, serta LSM.

Rapat Koordinasi bertujuan untuk melakukan evaluasi atas pelaksanaan program/kegiatan penanggulangan kemiskinan yang telah dilakukan oleh Perangkat Daerah sampai dengan semester I Tahun 2019. Dalam rapat koordinasi Wakil Bupati Kebumen menyampaikan lima hal yang harus dilakukan oleh seluruh stakeholder terkait dalam rangka penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Kebumen antara lain:

1. Optimalisasi pelaksanaan anggaran program penanggulangan kemiskinan tahun 2019 baik yang dilaksanakan oleh Perangkat Daerah dan seluruh stakeholder terkait dari berbagai sumber pendanaan (APBN, APBD Provinsi, APBD Kabupaten, APBDes dan CSR)

2. Penguatan koordinasi dan kerjasama antar OPD, Desa dan Lembaga terkait dalam pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan

3. Peningkatan fungsi pengendalian, monitoring dan evaluasi program penanggulangan kemiskinan

4. Optimalisasi tugas dan fungsi anggota TKP2KD dalam upaya penanggulangan kemiskinan

5. Optimalisasi verifikasi dan validasi data kemiskinan dan sinkronisasi integrasi data penanggulangan kemiskinan.

Wakil Bupati Kebumen mengapresiasi kinerja dari TKP2KD Kabupaten Kebumen, dan optimis dengan program penanggulangan kemiskinan yang telah dilakukan sudah sangat baik, semoga Kebumen akan bangkit dan tidak lagi menjadi Kabupaten dengan angka kemiskinan tinggi. Sekretaris Daerah menyampaikan rapat koordinasi dilakukan dua bulan sekali sebagai bentuk komitmen Tim TKP2KD, dan masing-masing kelompok program agar terus berkordinasi dalam merumuskan apa yang harus dilakukan dalam penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Kebumen.

Sebagai tindak lanjut dari rakor TKP2KD akan dilakukan rapat koordinasi setiap  kelompok program TKP2KD tediri dari kelompok program bantuan sosial terpadu berbasis keluarga, kelompok program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat, kelompok penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan ekonomi mikro dan kecil. Seluruh Perangkat Daerah dan Lembaga terkait melaporkan secara tertulis pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan sampai dengan semester I tahun 2019 kepada Wakil Bupati Kebumen selaku ketua TKP2KD.