Polling

Bagaimanakah Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Webinar Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong menuju UNESCO Global Geopark.

Administrator 16 Juli 2020 11:16:26 WIB dibaca 73 kali

Webinar Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong diadakan di ruang teater Perpusda via video conference dengan  Narasumber Ketua tim Geopark Unindra Tulus Widjajanto,ST,MM dengan paparannya "Peran akademisi dalam peningkatan akreditasi GKK to UGG",Ir.Chusni Ansori,MT dengan paparannya "Clustering Geosite, Outstanding Value of KK-Geopark", Kepala Bappeda Ir.Pudjirahaju dan Moderator Ir.Djoenedi Fatchurahman,M.Si.


Webinar tersebut, Tulus Widjajanto,ST,MM memaparkan terkait kriteria untuk diakui sebagai UGG,

1.Mengembangkan hubungan antara warisan geologis dan warisan teritorial lainnya seperti biotik alami, budaya, pendidikan dan wisata. 

2.Mengembangkan strategi kemitraan yang mencakup metodologi dan kriteria yang jelas untuk menjadi mitra. 

3.Memperkuat keterlibatan dalam aktivitas Global Geoparks Network dan Asia Pasifik Jaringan Geoparks untuk mempromosikan nilai internasional wilayah melalui kemitraan dengan Global Geoparks di bawah payung UGG. 

4.Mengembangkan strategi pendidikan dengan bekerja dalam kemitraan dengan UGG lainnya. 

5.Meningkatkan strategi dan kegiatan pendidikan untuk memfasilitasi mitigasi bahaya alam dan perubahan iklim di sekolah-sekolah untuk populasi lokal. 

6.Memperkuat keterlibatan UGG dalam studi penelitian, konservasi dan promosi penduduk asli setempat dan budaya serta bahasa mereka.


Dan konsep konservasi melalui pendidikan, dalam Aspek penilaian Geopark berdasarkan kriteria Guideline and Criteria Geopark (GGN) dijelaskan bahwa konsep ini antara lain:

 1. Sebagai sarana pengenalan warisan Bumi Geopark mengandung sejumlah situs geologi (geosite) yang memiliki makna dari sisi ilmu pengetahuan, kelangkaan, keindahan (estetika), dan pendidikan. Kegiatan di dalam Geopark tidak terbatas pada aspek geologi saja, tetapi juga aspek lain seperti arkeologi, ekologi, sejarah, dan budaya.

 2. Sebagai kawasan lindung warisan Bumi, situs geologi penyusun Geopark adalah bagian dari warisan Bumi.Berdasarkan arti, fungsi dan peluang pemanfaatannya, keberadaan dan kelestarian situs-situs itu perlu dijaga dan dilindungi.