Polling

Bagaimanakah Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Penelitian dan Pengembangan / Krenova

Krenova

PENDAHULUAN

Dalam upaya mengembangkan sikap kreatif dan inovatif di tengah masyarakat, Lomba Krenova Kabupaten Kebumen merupakan suatu ajang guna mengakomodir semangat berkreasi dan berinovasi dari kegiatan penelitian, pengembangan dan penerapan teknologi yang dilaksanakan masyarakat Kabupaten Kebumen.  Penghargaan Krenova adalah bentuk apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Kebumen kepada para mitra dan inovator yang secara nyata mendukung dalam memajukan produk inovasi untuk masyarakat luas. Fasilitasi penyelenggaraan Lomba Krenova Kabupaten Kebumen tidak hanya berhenti pada pemberian penghargaan saja, tetapi peserta Lomba Krenova akan diikutsertakan dalam Lomba KRENOVA di tingkat Propinsi. 


Upaya meningkatkan kreativitas dan inovasi masyarakat perlu didorong untuk dapat menciptakan, merekayasa alat/produk yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Banyaknya kreativitas yang baru dan unik, namun belum bisa dibilang inovasi, karena kurang layak, belum dapat diwujudkan dan secara komersial belum menguntungkan. Oleh karena itu, masyarakat perlu dipacu agar secara nyata dapat lebih kreatif dan inovatif, sehingga berkontribusi secara nyata bagi peningkatan kesejahteraan.


MAKSUD DAN TUJUAN

  1. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendorong terbentuknya budaya kreatif dan inovatif di bidang iptek dalam rangka meningkatkan daya saing serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kabupaten Kebumen.
  2. Kegiatan ini bertujuan memilih dan memberikan penghargaan kepada masyarakat Kabupaten Kebumen, baik perorangan atau kelompok yang mampu menghasilkan temuan teknologi yang kreatif dan inovatif


ASPEK PENGHARGAAN

Tema Pembangunan Daerah Tahun 2019 Adalah "“Penguatan Perekonomian Daerah Berbasis Pertanian Guna Peningkatan dan Perluasan Kesejahteraan Masyarakat” sehingga aspek penghargaan dikelompokkan menjadi:


1. Agribisnis dan pangan

2. Energi

3. Kehutanan dan Lingkungan Hidup

4. Kelautan dan Perikanan

5. Kesehatan, obat-obatan dan kosmetika

6. Pendidikan

7. Rekayasa Teknoloji dan Manufaktur

8. Kerajinan dan Industri Rumah Tangga

9. Sosial


JUARA LOMBA KRENOVA


No.

Judul Proposal

Peneliti

Peringkat

1.

MIE BEBAS GLUTEN (Gluten Free) DENGAN BAHAN DASAR TEPUNG KREKEL SEBAGAI ALTERNATIF MAKANAN SEHAT

Ery Purwanti  S.Si. M.Sc , dkk

Juara I

2.

SATE AMBAL DALAM KEMASAN

Titin Agustinah

Juara II

3.

MASTER UNDUR-UNDUR DAN YINGKENG POTENSI PESISIR KEBUMEN

Yuri Dulloh

Juara III

4.

APLIKASI PETA WISATA ONLINE KEBUMEN

Zul Kurniawan

Juara Harapan I

5.

NUTRITION COMBINATION MOTHER CLASS (NCMC)

dr. Usodo, dkk

Juara Harapan II

6.

PENGEMBANGAN EDU WISATA  BERBAHASA INGGRIS BERBASIS ARGOWISATA DI DESA WISATA ADILUHUR

Agung Septyono, dkk

Juara Harapan III