Polling

Bagaimanakah Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

forum OPD

Administrator 11 Februari 2019 12:41:16 WIB dibaca 240 kali

Forum OPD Bappeda Kabupaten Kebumen Tahun 2019 kembali dilaksanakan di kantor Bappeda baru-baru ini. Tujuannya jelas untuk membahas rancangan Renja BAP3DA Tahun 2020. Terkait hal tersebut, sampaikan juga arah kebijakan dan prioritas pembangunan daerah tahun 2020. Sesuai dengan RPJMD Kabupaten Kebumen Tahun 2016-2021, Tahun 2020 akan difokuskan pada Pemantapan Perekonomian Daerah Menuju Agrobisnis Bagi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Yang Berkeadilansebagai Tema Pembangunan kita, dengan 5 prioritas yaitu ekonomi kerakyatan; penanggulangan kemiskinan; kualitas SDM; daya saing daerah; dan tata kekola pemerintahan yang baik dan bersih.

 Prioritas pertama terkait ekonomi kerakyatan akan ditempuh dengan strategi kebijakan yaitu produktivitas pertanian dan perikanan, peningkatan daya saing UMKM, pemantapan pariwisata terutama terkait Geopark Karangsambung-Karangbolong serta pemantapan jaringan pemasaran. Prioritas kedua terkait upaya penanggulangan kemsikinan dan pengangguran akan ditempuh dengan pemanfaatan basis data dalam upaya penanggulangan kemiskinan agar tepat sasaran pada individu miskin serta memprioritaskan penanganannya pada wilayah dengan kemiskinan tinggi. Selain itu juga diperlukan pendampingan program penanganan kemiskinan serta pelaksanaan diklat & kewirausahaan angkatan kerja.

Prioritas ketiga terkait pemantapan kualitas SDM dan layanan sosial dasar akan ditempuh dengan strategi kebijakan pada peningkatan mutu pendidikan dan kesehatan. Prioritas keempat terkait daya saing daerah ditempuh dengan strategi pemantapan infrastruktur pendukung sektor ekonomi dan pendukung penanggulangan kemiskinan serta terkait siaga bencana dan tanggap bencana. Dan untuk prioritas kelima terkait tata kelola pemerintahan akan ditempuh dengan pelaksanaan e-gov dan upaya penghargaan terhadap PNS.


Sebagai OPD pengampu perencanaan di Kabupaten Kebumen, Forum OPD BAP3DA di tahun 2019 adalah yang pertama dilaksanakan sebagai pembukaan pelaksanaan seluruh forum OPD Kabupaten Kebumen Tahun 2019 yang akan diselenggarakan dari tanggal 11 hingga 22 Februari 2019. Sesuai dengan Permendagri No.86 Tahun 2017, Forum OPD dilaksanakan untuk memperoleh masukan dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran dalam Rancangan Renja OPD terkait. Pelaksanaan forum OPD juga sebagai bagian proses panjang penyusunan perencanaan dan penganggaransetiap tahunnya.

Sebagai pedoman pelaksanaan forum OPD tahun 2019 telah kita edarkan SE Bupati Kebumen No. 050/0220/2019 dimana diantaranya mengintruksikan agarrencana program/kegiatan fokus pada prioritas dan sasaran, bermanfaat langsung bagi masyarakat, terpadu lintas sektor, menyelesaikan permasalahan pembangunan, berorientasi pada output, outcome/benefit dan impact yang terukur.Penentuan program/kegiatan dan pengalokasian anggaran indikatif berbasiskan money follow programme priority yang efektif dan efisien.Mengutamakan penanganan isu-isu strategis serta meningkatkan inovasi dan kreasi berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan.Penyelenggaraan Forum OPD juga agar dilakukan tepat waktu dan cermat dalam menangkap aspirasi masyarakat berpedoman pada Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 serta menerapkan e-planning untuk menampung dan mengolah masukan seluruh stakeholders.

Pada tahun 2020 rencananya akan dilaksanakan Pemilahan Bupati dan Wakil Bupati. Sebagai lembaga koordinasi perencanan di Kabupaten Kebumen maka pada tahun 2020 BAP3DA memiliki tugas penting untuk menyusun RPJMD teknokratis Tahun 2021-2026 sebagai dasar penetapan RPJMD Tahun 2021-2026 pada tahun berikutnya. Dokumen RPJMD ini sangat penting karena merupakan RPJMD terakhir pada periode panjang RPJPD Kabupaten Kebumen 2005-2025. Oleh karena itu perlu mengingatkan agar BAP3DA mempersiapkan secara serius penyusunan RPJMD ini serta dokumen-dokumen lainnya sebagai pendukung pada Renja BAP3DA Tahun 2020