Polling

Bagaimanakah Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Sosialisasi Geopark Karangsambung Karangbolong

Administrator 21 November 2018 17:17:41 WIB dibaca 46 kali

Acara sosialisasi Geopark Karangsambung Karangbolong diselenggarakan untuk semakin memantapkan kesiapan seluruh stakehokder geopark dalam menyambut penetapan Geopark Karangsambung Karangbolong menjadi Geopark nasional. Dengan dukungan narasumber pakar geopark antara lain Sekretaris Deputi Bidang SDM Iptek dan Budaya Maritim, kemenkomaritim; Kabid Jejaring Inovasi Produk SDA Maritim, Kemenkomaritim; Kepala Pusat Survey Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, di wakili oleh Bapak Ir.Hanang Samudra, M.Sc; Ketua Tim Geoheritage UPN Veteran Yogyakarta, Bapak Carolus Prasetyadi; Ketua Jaringan Geopark Indonesia, Bapak Ir.Boedi Martono, M.Si acara ini diselenggarakan di ruang Jatijajar komplek Rumah Dinas Bupati Kebumen pagi ini.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Kabupaten Kebumen memiliki potensi geologi dan kekayaan sumber keindahan yang luar biasa.Disebelah Utara kita memiliki Kawasan Cagar Alam Geologi Karangsambung dengan keragaman geologi yang bernilai sangat tinggi.Kemudian di sebelah selatan kita memiliki  Kawasan Bentang Alam Karst yang tidak hanya berharga secara geologis, namun juga memiliki keindahan alam dan budaya yang tidak terbantahkan.Dengan mendasari potensi tersebut, Pemerintah Kabupaten Kebumen, bercita-cita menjadikan kedua Kawasan tersebut menjadi Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong.

Kita berharap, dengan konsep Geopark yang mengedepankan Konservasi, Edukasi dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, maka Potensi Alam dan Budaya yang ada di Kebumen, dapat lestari dan  Pengetahuan Masyarakat juga ikut meningkat. Disamping itu, Geopark juga memancing tumbuhnya pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru yang dapat meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Hal tersebut sejalan dengan RPJM Kabupaten Kebumen 2016 – 2021 yang tertuang secara eksplisit dalam misi ketiga yaitu Pengembangan Perekonomian Mandiri yang Berbasis Potensi Lokal dan Berwawasan Lingkungan. Dengan adanya Geopark, diharapkan menjadi lokomotif bagi pembangunan Kabupaten Kebumen serta menjadi sector kunci perekonomian masa depan.

Geopark Karangsambung Karangbolong ini mencakup 12 Kecamatan dan 117 desa dengan luas mencapai 543,599 km2 dan terbagi menjadi 3 sub Kawasan yaitu Kawasan Karangsambung, Kawasan Sempor dan Kawasan PesisirAyah. Jumlah situs yang kita usulkan sebanyak 41 geosite, dengan dilengkapi 8 situs hayati, dan 10 situs budaya. Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan oleh para ahli geologi, kawasan ini mewakili 6 periode sejarah. 

Sebagai symbol, kita telah memiliki calon logo Geopark Karangsambung yang maknanya secara garis besar melambangkan konsep pembangunan kawasan yang mengintegrasikan antara geodiversity, biodiversity dan culturediversity; menuju peningkatan ekonomi lokal dalam bingkai NKRI. 

Tiga  gunung menggambarkan kesatuan tiga pilar geopark, gunung warna hijau menggambarkan cockpit karst, gunung warna biru menggambarkan pegunungan patahan, sedangkan gunungan warna coklat dengan burung lawet menggambarkan nilai budaya lokal yang berkembang di atasnya. Proses subduksi antara lempeng benua dan lempeng samudera terlihat pada pertemuan garis lengkung kebawah berwarna cokelat danmerah

Proses menuju Geopark Karangsambung Karangbolong ini bukan proses yang singkat. Langkah untuk menggapai gelar tersebut telah kita mulai sejak lama. Beberapa langkah tersebut diantaranya:

1. Pada tahun 2016, Menetapkan Tim Koordinasi pengembangan Geopark yang terdiri dari BIKK LIPI Karangsambung, OPD terkait, Akademisi, Komunitas dan Perwakilan wilayah. Tim Koordinasi ini dibuat pada Tahun 2016 dan menjadi embrio dari Badan Pengelola Geopark yang sedang dalam proses Penetapan. Selain itu, kita juga mulai melakukan FGD untuk penetapan delineasi kawasan serta Menyusun Rencana Aksi Geopark

2. Pada Tahun 2017 kita Masterplan Geopark Nasional Karangsambung.

3. Tahun 2018 Menetapkan Kawasan Geopark melalui SK Delineasi Kawasan Geopark Karangsambug Karangbolong.

4. Menyusun Dossier atau Proposal Pengusulan menjadi Geopark Nasional beserta kelengkapannya

5. Pada tanggal 23 oktober kemarin kita sudah melakukan paparan kenaikan status menjadi Geopark Nasional. Kita semua berharap, pada saatnya nanti (akhir nopember ini) Geopark yang kita banggakan ini bisa naik status menjadi Geopark Nasional.

6. Sosialisasi serta Koordinasi lintas stakeholder dalam upaya menjalin komunikasi yang baik demi keberlangsungan Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong 

Secara bersama sama, program-program, baik dari OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kebumen maupun program program dari institusi lain diantaranya UPT BIKK LIPI Karangsambung, berkomitmen untuk bersinergi dalamupaya mendukung penetapan Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong tersebut. 

Selanjutnya diperlukan peran serta aktif dari masyarakat untuk mengoptimalkan potensi yang ada diwilayahnya. Dibeberapa tempat masyarakat sudah mulai menggeliat. Geliat ini perlu ditularkan, supaya semakin terlihat bagaimana kesiapan masyarakat dalam nantinya mengisi ruang-ruang yang ada dalam Geopark.

Kita semua berharap, ke depan Geopark Nasional Karangsambung- Karangbolong dapat terwujud di tahun 2018 dan memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk Kesejahteraan Masyarakat.