Polling

Bagaimanakah Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Workshop Penguatan Kapasitas Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Desa/Kelurahan se-Kabupaten Kebumen Tahun 2018

Administrator 08 Mei 2018 16:19:13 WIB dibaca 395 kali

Kemiskinan masih menjadi isu strategis pembangunan di Kabupaten Kebumen Tahun 2016 s/d 2021 adalah masih tingginya tingkat kemiskinan penduduk. Oleh karena itu perlu mengfokuskan pada pelaksanaan program/kegiatan penanggulangan kemiskinan, dengan melibatkan atau menggerakkan banyak stakeholder.

Tingkat kemiskinan tertinggi di Kabupaten Kebumen tahun 2017 berada di Kecamatan Karanggayam. Yakni sebanyak 4.532 (18.48%) rumah tangga miskin dan 17.070 (34.90) jiwa penduduk miskin.

Tingkat kemiskinan terendah di Kabupaten Kebumen tahun 2017 berada di Kecamatan Gombong. Yakni sebanyak 768 (5.87%) rumah tangga miskin dan 2.142 (4.48%) jiwa penduduk miskin. Hal ini dipaparkan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kebumen mewakili Bupati Kebumen di acara workshop di Hotel Candisari Kebumen selama 3 hari (7-9 Mei 2018) yang diikuti oleh semua desa/kelurahan dan kecamatan. Bersama Dari Dinas Sosial dan pengendalian penduduk dan keluarga berencana Bapak Budi Satrio yang memaparkan program KUBE (kelompok Usaha Bersama) dan Bapak M.Munif Bappeda memaparkan tentang Data Penduduk Miskin.

Pemerintah Kabupaten Kebumen sudah meletakkan pondasi yang kuat  bagi penanggulangan kemiskinan secara lebih masif dan membuat banyak inovasi pelayanan publik. Banyak program telah kita laksanakan. Utamanya untuk membantu langsung peningkatan pendapatan dan mengurangi pengeluaran keluarga miskin. 

Diantaranya di bidang kesehatan. Ada pelayanan ambulan gratis dan jamkesda.

Di bidang pendidikan: ada angkutan gratis untuk pelajar dan masyarakat miskin. Beasiswa untuk siswa kurang mampu SD/MI dan SMP/MTs.

Selain itu juga ada program sertifikat gratis untuk UMKM. Ada juga program pemugaran rumah tidak layak huni (RTLH) selama empat tahun ditargetkan 27.000 RTLH tertangani

Kita juga mengkampanyekan gerakan anti merokok. Uang yang dikeluarkan masyarakat untuk merokok cukup besar dan menjadi salah satu penyebab kemiskinan. Desa juga didorong untuk menerbitkan Perdes kawasan bebas rokok. Target tahun ini bisa terbit. 

Secara keagamaan, kita juga melaksanakan safari jumat (jemari) secara berkala. Pemda juga membangun jaringan jalan (baru) ,jalan lingkar utara kabupaten, sepanjang 60 km, untuk membuka akses di wilayah kantong-kantong kemiskinan (pegunungan)

Dari data yang ada dari 26 kecamatan yang mengumpulkan data SQL per november 2017 sejumlah 453 desa/kelurahan. Sementara yang masih menggunakan databases tahun lalu sejumlah 7 desa  untuk itu diharapkan TKP2Kdes bekerja lebih cermat dan segera melaporkan data yang dapat dipertanggungjawabkan kevalidannya.

Dari semua program ini kemiskinan di Kabupaten Kebumen diharapkan bisa turun secara signifikan. Desa sebagai ujung terdepan pelayanan diharapkan lebih inovatif, cepat dan kreatif menggali potensi desa.